Sunday, April 22, 2012

Masyi ala Yaman dan Masyi ala Mesir


Seorang laki-laki dari yaman pergi ke kairo ibukota Mesir, disana ia menyewa sebuah taksi, setelah dia sampai ke tempat tujuan orang yaman itu memberinya uang satu juneih (mata uang Mesir ). Dia bertanya : kira-kira segini sudah cukup ? sopir taksi itu menjawab : ماشي. Orang yaman menyangka bahwa sopir tersebut merasa kurang kalau hanya diberi satu juneih, maka dia menambahkannya lagi kemudian bertanya kepada sopir : sudah cukup ya kira-kira segini ? Sopir taksi tersebut hanya mengangguk dan menjawab : ماشي karena dia merasa senang, sudah merasa puas namun penumpang taksinya masih menambah lagi. Dengan jawaban seperti itu orang yaman tersebut marah lalu meneriakinya : lalu berapa maumu ? kamu benar-benar tamak dan rakus , saya kasih segini ..kurang ! saya tambah lagi juga masih kurang!....sopir asal mesir itu menimpalinya : saya ngomong ماشي  artinya saya setuju, segini sudah cukup, tapi anda yang dari tadi ngasih saya tambahan, ya terus apa boleh buat? Yang ya senang-senang aja ditambahi.
 ماشي ala yaman  artinya لا شيء   
 Yaitu tidak ada sesuatu atau tidak apa-apa dan bisa diartikan tidak bisa.
ماشي ala mesir  artinya  dari kalimat مشى- يمشي artinya berjalan ,bisa diartikan OK tidak ada masalah atau setuju.
Jadi orang yaman dan orang mesir tadi Cuma salah paham ,yang satu mengartikan ya atau OK dan yang satu mengartikan tidak atau GA’ BISA

No comments:

Post a Comment